Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu Bandung Yang Melegenda

Berjalan-jalan ke kota Bandung tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi objek wisata paling populer di Lembang yakni Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Gunung ini memiliki cerita legenda Dayang Sumbi dan putranya Sangkuriang yang kisahnya sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Tangkuban Perahu Bandung

Dari anak kecil sampai orang tua siapa yang gak kenal dengan Gunung Tangkuban Perahu yang merupakan simbol pariwisata Bandung. Dengan banyaknya cerita mitos dimasyarakat sehingga membuat penasaran bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Tangkuban Perahu merupakan objek wisata di Propinsi Jawa Barat yang letaknya berada di perbatasan antara Lembang dan Subang. Gunung ini merupakan salah satu Gunung yang masih aktif hingga saat ini, bisa dilihat dengan keluarnya gas belerang dari mulut kawah. Namun tidak begitu berbahaya bagi masyarakat dan wisatawan buktinya dengan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung tiap hari, apalagi jika masuk di akhir pekan dan musim libur.

Baca Juga : Penginapan Dekat Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata yang terletak di utara Kota Bandung ini berada di ketinggian sekitar 2.084 Mdpl dan memiliki suhu udara rata-rata 17 derajat celcius. Oleh karena itu tiap wisatawan yang mau berkunjung sebaiknya mempersiapkan jaket tebal untuk mengantisipasi cuaca dingin.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki 3 buah kawah populer yakni kawah ratu, kawah domas serta kawah upas. Kawah yang terbentuk sejak ribuan tahun lalu itu memiliki bau belerang yang lumayan menyengat sehingga sebagai antisipasi anda sebaiknya membawa masker sebagai penutup hidung.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Sangkuriang yang jatuh cinta pada seorang perempuan yakni Dayang Sumbi yang merupakan ibunya sendiri menjadi cerita yang melegenda tentang Tangkuban Perahu. Demi menggagalkan niatan anaknya itu, Dayang Sumbi mengajukan sebuah syarat kepada Sangkuriang, yaitu harus membuat sebuah danau dan perahu dalam satu malam.

Karena usaha Sangkuriang untuk membuat danau gagal, maka ditendanglah perahu yang dibuatnya tersebut sehingga perahu menjadi terbalik. Perahu inilah yang menjadi asal mula cerita Gunung Tangkuban Perahu yang melegenda sampai saat ini. Itulah sedikit sejarah tentang Gunung Tangkuban Perahu yang ceritanya turun temurun dari orang tua kita.

Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu berada di Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan menempuh perjalanan bisa dari Lembang atau dari Subang.

Baca Juga : Villa Murah Di Lembang

Jika dari Kota Bandung anda harus melewati Kota Lembang terlebih dahulu, jarak dari kota Lembang menuju Tangkuban Perahu kurang lebih 7 Km. Jika dari arah Subang bisa langsung ditempuh melalui jalan utama dan langsung masuk pintu tiket diperbatasan Subang dan Lembang. Jika masih kurang paham banyak rambu dan petunjuk yang mengarahkan anda ke lokasi wisata paforit di Jawa Barat tersebut.

Tiket Masuk Tangkuban Perahu Bandung

Untuk dapat menikmati wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung harga tiket berbeda bagi wisatawan lokal dan asing. Harga tiket masuk di hari kerja lebih murah dibandingkan jika anda berkunjung di hari libur karena harga mengalami sedikit perbedaan.

Berikut harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu weekday dan weekend.

  • Turis Lokal Rp.20.000 – Rp.30.000.
  • Turis asing Rp.200.000 – Rp.300.000.
  • Motor Rp.12.000 – Rp.17.000.
  • Mobil Rp.25.000 – Rp.35.000.
  • Bus Rp.110.000 – Rp.150.000.
  • Sepeda Rp.7.000 – Rp.10.000.

Selain tiket masuk diatas, saat parkir di lokasi anda juga bakal dikenai tarif sekitar 10 ribu rupiah bagi kendaraan roda empat dan 5 ribu rupiah bagi kendaraan roda dua.

Jam operasional mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB buka setiap hari.

Itulah sedikit informasi mengenai Gunung Tangkuban Perahu yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat bagi anda yang akan merencanakan liburan khususnya ke Lembang Bandung. Terimakasih selamat berlibur..

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call